Membersamai ananda dalam beraktivitas dan menemaninya bermain memang sangat diperlukan kehadiran kita bersamanya bukan hanya sekedar hadir tapi ruh kita tidak benar-benar fokus serta hadir bersama mereka atau malah melalangbuana entah kemana tersebab banyak pikiran yang mengelayuti sehingga sekedar raga saja yang membersamai mereka. Melainkan harus hadir secara utuh dan sadar penuh dalam membersamai mereka agar kita banyak menangkap setiap pertumbuhan, kebaikan serta temuan unik dari ananda. Fokus membersamai tanpa banyak pekerjaan yang disambi tersebab ananda sangat memerlukan kehadiran kita seutuhnya.
Hari ini jadwal kami banyak bergeser dari yang ditetapkan, namun proses hadir utuh sadar penuh dalam membersamai ananda insyaAllah tetap berjalan. Kapanpun waktu pelaksanaannya yang terpenting hadir utuh dan sadar penuh dalam membersamai ananda.
⌚ 10.00 - 12.00
Jadwal molor 1 jam sebab saya masih membantu suami bekerja
🌷 Dot to dot
Memfasilitasi ananda yang super senang tempel menempel dengan stiker dot yang kami warnai bersama sebelum ditempelkan. Ananda banyak bercerita mengenai warna-warna yang digunakannya dan sesekali memilihkan ummi warna lainnya. Sambil menyelam minum air ya nak, mengasah motorik halus plus review warna. Alhamdulillah, ananda sudah paham akan warna dengan belajar melalui caranya sendiri tanpa saya gegas untuk cepat menghafal warna. Usai mewarna stiker dot bersama ananda melanjutkan menempel stiker tersebut pada printable dot to dot es krim. Ananda begitu happy menempelkannya sebab es krim adalah favoritnya. Ananda pun terlihat fokus dalam mengerjakannya berusaha menempelkan stiker dot tepat pada lingkaran. #focus #emphaty #maximaxer
🌷 Puzzle Abjad
Ananda dengan kemauannya sendiri meminta bermain puzzle abjad dan menempelkan tiap abjad dengan menyebutkan beberapa huruf yang ia ketahui atau menyebutkan gambar yang ada di puzzle tersebut. Saya pun tidak ingin buru-buru mengegas ananda menghafal huruf. Biar ananda belajar dengan kemauannya sendiri dan dengan konsep learning by playing tentu pula dengan memperhatikan tahap tumbuh kembang sesuai usianya. Ketika bermain puzzle tersebut ananda mampu menyebutkan A untuk apel, B untuk bola, P untuk panda, L untuk lion, S untuk ular (snake di puzzlenya) dan D untuk bebek (duck). Itupun ananda belajar dari menganalisa mandiri gambar yang terdapat pada puzzlenya serta menghubungkannya. #connectedness #fitrahbelajardanbernalar
🌷 Memancing Ikan
"Mau pancing-pancing ikan mik", pinta ananda kepada saya. Okelah ummi fasilitasi dengan membuatkannya ikan dari kain flanel yang proses pembuatannya juga melibatkan ananda. Ananda membantu mengambilkan kain flanel yang sesuai dengan warna yang saya minta. Tak hanya itu kain flanel yang lain disusun berjejer di atas keyboard "dibersihkan", katanya. Selesai memotong kain flanel kemudian ananda membantu ummi memberikan klip yang akan dipasang di ikan flanel. Kemudian dibantu abi membuat pancing magnetnya, ananda pun tak sabar memancing ikannya. Terlihat ananda begitu antusias memancing ikan flanel tersebut sambil sesekali mendekatkan magnetnya ke klip besi agar lebih mudah. #stretegy #belief #fitrahbelajardanbernalar
⌚ 17.00 - 18.45
Jadwal outing ini pun mundur 1 jam dari rencana dan berlangsung kurang dari 1 jam sebab menjelang maghrib.
Ananda bermain dan belajar di sawah, melihat belalang melompat-lompat sambil menirukan gaya lompatan belalang, melihat laba-laba membuat sarangnya, mengejar capung yang beterbangan dan menyaksikan burung-burung yang terbang sambil berdzikir pada Allah. Yes, alam adalah guru terbaik untuk belajar, bermain dan menciptakan berbagai imagi positif mengenai Allah. Bahwa Allah yang Maha Pencipta melalui berbagai ciptaanNya, Allah Maha Pengasih dan Penyayang dengan menjamrin rejeki tiap makhlukNya serta masih banyak lagi segudang cerita dalam menghadirkan Allah melalui alam. Kemudian lanjut menyusuri sungai sambil memperhatikan air yang mengalir sembari belajar konsep terapung dan tenggelam melalui batu berat yang dilempar ternyata tengelam setta daun ringan yang dilempar ternyata terapung. MasyaAllah beraktivitas di alam seperti ini senantiasa membuat mata ananda dipenuhi dengan cahaya binar. Puas bermain di sawah, ananda mengajak melihat bus di terminal. Belajar menghitung jumlah bus, mengidentifikasi roda bus dan melihat bus berjalan sambil melambaikan tangannya "da..da..bus", teriaknya. #fitrahkeimanan #firahbelajardanbernalar
⌚ 20.00 - 21.00
Waktunya kami membaca buku bersama dan beraktivitas ringan seperti menulis ataupun mewarna. Ananda meminta membaca buku Happy Hijaiyah bersama, belajar hijaiyah dengan menemukan hijaiyah yang tersembunyi. Mbak Inay pun berhasil menemukan hijaiyah yang tersembunyi sambil menyebutkannya alif, titik di bawah ba, tsa, dal dan jim. Usai membaca kami lanjut menggambar bersama. Ummi ajak mengambar unyil yang dimulai dari beli onde-onde dua, pisang goreng satu, lalu dibungkus, eh eh tahunya lupa, sukses membuat ananda tertawa ngekek. Kemudian lanjut nyanyi "enam, enam tiga puluh enam, enam..enam diberi lengkung". Ananda pun minta lagi dan lagi gambar "onde-onde", katanya. #connectedness
Alhamdulillah sayang, terima kasih untuk hari ini menjadi teman belajar ummi..
Semoga kami senantiasa hadir utuh dan sadar penuh dalam membersamaimu..
#day24
#07Maret2018
#Malang(OmahSinau)
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar